Kamis, 11 Februari 2016

Tips mengatasi sistem AC mobil bermasalah

Kompresor AC mobil paling sering bermasalah. Bagi pemilik mobil sudah sewajarnya anda mulai belajar mendeteksi hal hal yang berhubungan dengan kenyamanan mobil anda termasuk didalamnya sistem ac mobil. Sebab bagaimanapun juga yang namanya AC mobil merupakan hal yang harus selalu diperhatikan. Nggak enak kan melaju dijalan raya tanpa dukungan sistem ac yang bagus, silahkan cek list harga escudo bekas.

Dengan mengetahu sistem AC mobil maka anda akan cepat mendeteksi kerusakan kerusakan yang mungkin saja terjadi pada sistem AC mobil anda, seperti freon habis, bunyi AC ngorok, ruang mobil bau, dan lain sebagainya, hal hal demikian berhubungan erat dengan ac mobil anda.



Berikut beberapa gejala yang disebabkan oleh kerusakan dalam sistem AC mobil

Kompresor ac bunyi

Pada saat ac mobil dihidupkan terdengar suara agak kasar dari ruang mesin tetapi begitu tombol ac digeser lagi ke posisi OFF, suara di balik kap mesin kembali normal. Dengan demikian tentu sistem AC yang bermasalah. Bunyi ngorok biasanya disebabkan oleh bearing di magnetic clutch atau bisa juga karena arangnya yang habis karena usia dan pemakaian.

Penyebab suara kompresor kasar atau ngorok bisa disebabkan oleh oli kompresor kurang akibat adanya kebocoran, atau akibat piston kompresor aus ( oblak ) dan silinder piston kompresor, bearing puli kompresor longgar atau oblag dan terkadang bukan karena oli kompresor kurang tetapi karena jumlah freon kurang. Ada info harga ertiga bekas hari ini.

Pada jenis mobil mobil tertentu bisa terjadi demikian, seperti pada sistem AC pada mobil toyota avanza, Toyota Limo atau mobil kijang innova yang menggunakan kompresor sejenis. Ketika freon kurang dan setelah ditambah freon saja ( tanpa ditambahkan oli kompresor) ternyata bunyi ngorok kompresor tersebut langsung hilang.

Harga kompresor AC sebenarnya tidak mahal mahal amat dan tergantung dari jenis mobilnya, bahkan harganya ada yang hanya 2 jutaan, namun pada mobil tertentu ( kelas premium ) bisa tembus puluhan juta rupiah.

Ada satu hal yang perlu digarisbawahi, kadang ada beberapa pemilik mobil menambah sistem AC mobilnya, padahal sebelumnya single blower dan dirubah menjadi double blower. hal demikian sebenarnya justru menurunkan performa mesin mobil itu sendiri, baca kerugian memasang AC double blower pada mobil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN BERKOMENTAR YANG BAIK, KOMENTAR SPAM LANGSUNG DI DELETE

TEMAN ANDA SEDANG MENUNGGU